gerhana matahari

csn88berita – Kejadian alam gerhana Matahari spesial akan melwati beberapa daerah Indonesia. Gerhana spesial yang disebut yakni Gerhana Matahari Cincin atau GMC.

Kepala Pusat Sains Antariksa Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (LAPAN), Clara Yatini menerangkan, Gerhana Matahari Cincin akan berlangsung pada 26 Desember 2019. Penampakan gerhana ini hanya dapat disaksikan di beberapa Sumatera serta Kalimantan.

“Yang terbaik serta lama (Gerhana Matahari Cincin) berlangsung di Kabupaten Siak, di Pulau Pedang,” tutur Clara dalam aliran YouTube LAPAN diambil Selasa 2 Juli 2019.

Baca Juga : Gareth Bale Bantah Isu Pindah Ke Inter Milan

Sedang daerah Indonesia yang lain, kata Clara, masih dapat lihat kejadian gerhana ini tetapi yang disaksikan hanya gerhana beberapa saja. Clara mengatakan, untuk wilayah Sumatera Selatan hanya dapat lihat gerhana beberapa sampai 80 %, sedang pengamat di Pulau Jawa dapat lihat gerhana beberapa ini hanya 70-80 %.

“Pokoknya Gerhana Matahari Cincin ini dapat disaksikan semua daerah, cuma yang berupa cincin hanya dapat disaksikan di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak serta Kepulauan Riau dan beberapa Kalimantan Barat sisi utara yaitu di Kabupatan Singkawang,” tutur Clara.

Ia menerangkan, GMC berlangsung jika tempat , Bulan serta Bumi ada dalam tempat segaris, dan Bulan ada di tengahnya komposisi itu.

“Saat itu (26 Desember 2019) tempat Bulan ada di titik paling jauh dari Bumi, karena itu gerhana Matahari yang kelihatan ialah Gerhana Cincin,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here