Sutopo Dan Jokowi

csn88berita – Kepala Pusat Data, Info, serta Jalinan Warga Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, wafat di Guangzhou, China, pagi hari barusan. Berita itu, memunculkan simpati yang dalam dari Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengaku, ada kalimat yang membuat ia tetap kembali kenang almarhum. Ia menulis, Sutopo sudah pernah tuliskan hidup itu bukan masalah panjang atau pendeknya umur. Tetapi, sebegitu besar kita bisa menolong orang.

“Serta dia mengamalkan kalimat itu secara baik,” kata Presiden Jokowi, seperti dalam tayangan wartawan Plt. Kepala Biro Wartawan, Media, serta Info Sekretariat Presiden, Chandra A. Kurniawan, Minggu 7 Juli 2019.

Baca Juga : Alvaro Morata Resmi Bergabung ke Atletico Madrid Secara permanen

Jokowi mengemukakan duka dalam, atas wafatnya Sutopo. Pria yang tetap aktif menyampaikan kabar keadaan musibah di semua Tanah Air. Dia mengaku, dedikasi almarhum yang demikian besar pada kerjanya.

“Sampai mendekati akhir hayatnya jadi Kepala Pusat Data, Info, serta Humas Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah, dia menyampaikan kabar secara cepat insiden musibah alam (seperti) gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang berlangsung di pelosok negeri supaya kita siaga serta tidak kebingungan,” jelas Kepala Negara.

Sutopo, didapati berpulang dalam umur 49 tahun di Guangzhou, China, waktu jalani perawatan kanker paru-paru yang dideritanya.

Pada 5 Oktober 2018 lalu, Jokowi sudah sempat menyetujui kemauan Sutopo untuk dapat bersalaman serta berjumpa dengan dianya. Berada di Istana Bogor, kedua-duanya berjumpa.

“Ini ialah hadiah terindah di ulang tahun saya,” demikian kata Sutopo saat itu. Dia berulang-ulang tahun pada 7 Oktober, dua hari sesudah pertemuan itu berjalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here